Gambar

Gambar

Jumat, 19 Juni 2015

HASIL KARYA SENI UKIR PENINGGALAN HINDU-BUDDHA



HASIL KARYA SENI UKIR PENINGGALAN HINDU-BUDDHA


Wayang Suket adalah wayang yang dibuat dari “suket” (bhs. Jawa artinya rumput) yang mengacu pada figur dalam wayang purwa.
Wayang Suket daerah Bantarbarang Kab. Purbalingga mulai populer pada tahun 1900-an, tiadk jelas mulai kapan tradisi membuat wayang Suket telah ada di sana.
Wayang Suket menjadi mendunia setelah dipopulerkan oleh Pak Gepuk (Kasan Wikrama Tunut). Pak Gepuk diundang oleh Bentara Budaya Yogyakarta dan Bentara Budaya Jakarta untuk berpameran Tunggal dan pada kesempatan lain berpameran bersama Heridono dan Sukasman, keduanya seniman senirupa yang menggarap obyek wayang pada karya-karya mereka.
Menurut penuturan  dari masyarakat di Desa Rajawana Kec. Karangmoncol Kab. Purbalingga, menyatakan bahwa di Rajawana pernah ada dalang Wayang Suket nernama Kaki Jur (kaki bhs.jawa = kakek), Kaki Jur bukan saja memainkan wayang suket seperti dalang wayang kulit, tetapi Kaki Jur juga membuat sendiri wayang Suketnya. Menurut Suwarto (mantan kades Panusupan) dahulu ketika Suwarto masih kecil, ayahnya pernah mengundang Kaki Jur untuk pentas di rumahnya dengan membawa 5 wayang Suket yang bentuknya  mirip dengan wayang suket pak Gepuk.


Beberapa motif Batik dan makna yang terkandung di dalamnya:

A.   Motif  Parang. Ada beberapa motif Parang yaitu:
·         Parang Barong merupakan parang yang paling besar dan agung yang hanya boleh digunakan untuk Raja.
·         Parang Rusak yang biasa digunakan prajurit setelah perang, untuk memberitahu Raja bahwa mereka telah  memenangkan peperangan.

Parang sendiri merupakan simbol dari ombak samudera, menggambarkan semangat dan energi yang tiada henti. Dulu, motif ini hanya boleh untuk kasta prajurit dan adipati  ke atas.

B.   Motif  Truntum, kain ini   biasa digunakan orang tua pengantin pada saat pesta pernikahan yang melambangkan harapan agar orang tua mampu menuntun atau memberi contoh kepada putra-putrinya dalam memasuki kehidupan berumah tangga dan mencapai ketenteraman hidup.

Motif truntum  ditemukan oleh Istri dari Pakubuwana V . Suatu malam tatkala beliau   memandang  langit , beliau menyaksikan kumpulan bintang yang ada di angkasa, bintang-bintang tersebut kemudian menjadi inspirasi motif Truntum.

C.   Cakar Ayam yang melambangkan agar setelah berumah tangga sampai keturunannya nanti dapat mencari nafkah sendiri atau hidup mandiri.

Kain Batik Grompol, grompol atau grombol, dalam Bahasa Jawa berarti berkumpul atau bersatu. Kain batik dengan motif ini biasa dikenakan pada saat upacara pernikahan oleh orang tua mempelai, baik calon mempelai pria atau calon mempelai wanita
D.  Motif Sidamukti dipakai oleh pasangan pengantin Jawa.  Sidamukti sendiri melambangakan sebuah harapan sepasang pengantin yang ingin  mencapai kehidupan baru yang berhasil lahir batin  atau dalam bahasa jawa disebut mukti.

E.   Kain Batik Wahyu Tumurun, kain batik ini sering pula dipilih sebagai busana pada upacara pernikahan adat Jawa Gaya Yogyakarta. Dari arti katanya, wahyu memiliki pengertian sebagai kebahagiaan anugrah Tuhan.

F.   Kain Batik Sido Asih, Sido berarti jadi, asih berarti sayang, ragam hias ini mempunyai makna agar hidup berumah tangga selalu penuh kasih sayang.

G.  Motif Sido drajad dipakai oleh besan ketika upacara pernikahan.
Candi, Prasasti dan Seni Dari Kerajaan Hindu-Budha
Ini merupakan peniggalan berbentuk candi dan prasasti dari kerajaan Mataram Kuno dari  dua wangsa yaitu wangsa sanjaya dan wangsa syailendra yang bercorak hindu-budha, seperti:
  • Candi mendut (dinasti syailendra)
  • Candi gedong sanga (dinasti sanjaya)
  •  candi borobudur(dnasti syailendra)
Dua buah prasasti yang menerangkan krajaan mataram kuno hindu budha yaitu prasasti canggal dan prasasti balitung.
Wayang adalah salah satu peniggalan yang sampai saat ini masih ada dan menjadi kebudayaan dan ciri khas indonesia, ini menandakan bahwa kesenian sudah ada dan wayang ini disinyalir pertama ada dari kerajaan mataram kuno


  

 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhd4ypZ34_nQZvHm3wNWYVR20AkQ9G6Si1kgsB6px-rEp6f70twL8qCFKHaneCM-tkUUDR2huAAPMJFI5fcdXSdk-unKY-NoM65Xw1t98Nu0zO2QH7xgsvkjBPp9IRbd5rqeAL5GHl5N6I/s1600/7.jpg
  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtguuX-vKoJXjz2TOmoTghhA4GDAa1d24XJkUcrszwOE5kyDc6jXjDzKNHbAnmcgM2ycShzSyJrQnoKxUk3R6hUVO1ssxbMGXG_J3ZZYEKf6HH5syoSPWezzuOEdi4jDtvgAQgbI409H8/s1600/6.jpg


Ini adalah peninggalan dari kerajaan sriwijaya yang bercorak budha kerajaan sriwijaya adalah kerajaan maritim pertama dan kerajaan budha terbesar di asia tenggara pada saat itu adapun sebagian peninggalannya yang berbentuk candi dan prasasti yang menerangkan kerajaan itu adalah:
  • Candi muara takus (riau)
  • Candi muara jambi (jambi)
Prasasti kapur dan prasasti talang tuo. Krajaan inipun mempunyai prasasti yang terletak di luar negara indonesia sperti prasasti yang ada di india.







https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhB6fAKVdYLnWnmIHqbYdM44Yxbmqjbx_0Z-HIIU9Za2l04_g2iKVICqjeFRXS3YljbViiuoVS6O6C5_jDoJ8mmvOCAabeaJD4YjKBk1dp9OdCc3XrcCr8EEK5hkD0Bk45jpUjSgUZaUkc/s1600/14.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhSqlVyFBvUtDCdXYhTwX-hxfnCox4l1DN9zQVRd34w1n7N4vRT9ojjSX4UWfmqsD1iN5XrACEnNCjtyITktRmMQKbOgcEiJbor0MFkUtV8TGiEIypRDK5XvbKz3q2DPsvjcS4HQEM2fao/s1600/13.jpg




Peninggalan dari kerajaan majapahit
Kerajaan majapahit adalah kerajaan yang sangat besar karena kerajaan ini adalah cikal bakal sistem pemerintahan yang ada di indonesia. Begitupun peninggalan dari kerajaan ini pun begitu banyak. Dia antaranya adalah:
  • Candi wringin lawang( pintu gerbang kerajaan majapahit)
  • Candi brahu
  • Candi gentong (yang kini hanya tinggal reruntuhannya saja yang sedang dilakukan renovasi)
  • Candi tikus dan kolam segaran (kolam yang berbentuk persegi panjang)







Peninggalan  kerajaan tarumanegara
Kerajaan tarumanegara terletak di tanah sunda. Belum di temukan candi peninggalan kerajaan ini namun kebesaran kerajaan ini terdapat pada banyaknya prasasti yang mengisahkan tentang kerajaan ini diantaranya adalah:
  • Prasasti kebon kopi
  • Prasaasti koleangkak
  • Prasasti tugu
  • Prasasti ciaruteun dan tulisan pallawa





https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjSviHzjaJSINRQJ-zTrT8o4cPZRHk3Rm6DqKMu7yHLxVSNlbo-bkUeBXRXSJO7zhfucvSFybd8qWeZmeOeIwexFHDn_AqAiomWlujLEKgBJGCx_z0dMZRhfqhkWlZjcveA-EADxTH9ar8/s1600/26.gif
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgQWpVtVRoxImEm_0jvgfYXVKOr9ep8Bsck5IZ8hgRcstaQNjf7DO8OuvK0JDn59GBR3emTU0ZHPrJNJXQ685DPIHjHku_ylEq1o3kumG0y8YnHErUxgQxwc-X_Aw3L-atC0CWwFmGUY7I/s1600/25.jpg


Peniggalan kerajaan kutai
Krajaan kutai adalah kerajaan hidu tertua di indonesia kerajaan ini terletak di kepulauan kalimantan peniggalan dari kerajaan ini adalah prasasti 7 yupa dan terdapat lagi peninggalan kerajaan ini berbentuk guci dan pedang untuk berperang pada masa itu.











 Peniggalan kerajaan kediri
Kerajaan kediri salah satu kerajaan terbesar yang bercorak hindu dan sedikit ada pengaruh budha. Peninggalannya adalah:
  • Arca winu kediri
  • Arca budha vajrasasttva
  • Kakawin baratayudha
  • Kakawin samarandana
  • Candi panataran
  • Candi cangkring
  • Prasasti pagaruyung


                                                                                                     






































Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Maaciww!! Udah mampir di Blog ane, Semoga Bermanfaat, janan lupa likenya ya :)